Beranda » Beranda » Green School Festival 2014 – Semangat Membara Untuk Mencintai Lingkungan

Green School Festival 2014 – Semangat Membara Untuk Mencintai Lingkungan

GSF 1

Sebuah gelaran dari Dinas Pendidikan Kota Malang bekerja sama dengan Radar Malang dan Move Indonesia (Movind) yang dilatarbelakangi atas keprihatinan dengan kondisi Kota Malang yang sudah mulai sesak dengan hutan beton. Sebuah upaya awal yang berkelanjutan untuk mengembalikan Kota Malang menjadi kota berhawa dingin, asri, dan ramah lingkungan. Sesuai dengan motonya, Kota Malang Bermartabat, serta slogan Malang Cerdas, Ceria, dan Cemerlang.

Green School Festival 2014, dengan acara utama Green School Mapping, menyasarkan pada lingkungan pendidikan di kota Malang dengan dasar bahwa generasi muda (siswa-siswi) merupakan roda penggerak yang mampu merubah keadaan saat ini menjadi lebih baik di masa yang akan datang, terutama dalam hal kesadaran peduli lingkungan. Kegiatan yang mampu menanamkan rasa kepedulian dan tanggung jawab terhadap lingkungan, kerja sama dalam mengelola isu-isu lingkungan, sehingga menumbuhkan rasa cinta dan budaya terhadap pelestarian lingkungan.

Green School Mapping merupakan upaya pemetaan isu-isu lingkungan, yang terdiri dari 9 isu lingkungan, yaitu: 1) energy, 2) sampah, 3) polusi udara, 4) air dan limbah cair, 5) tanah dan kontaminasi kimia, 6) tanaman, 7) resiko, 8) keindahan, dan 9) edukasi, informasi, dan inspirasi. Green School Mapping bukanlah sebuah upaya baru. Namun, terbukti dari gelaran ini para penyelenggara dibuat “takjub” dan “terkesima” oleh semangat, kerja keras, kerja sama, dan hasil yang murni dari tangan-tangan siswa-siswi.

SDN Blimbing 3 Malang merupakan salah satu dari sekitar 200-an sekolah yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Kegiatan ini sejalan dengan visi sekolah, yaitu terwujudnya warga sekolah yang berlandaskan iman dan taqwa, cerdas, inovatif, kompetitif, serta berbudaya lingkungan. Dimulai dari workshop, sosialisasi di sekolah, pembentukan tim, perencanaan aksi, pelaksanaan aksi, hingga penjurian diikuti dengan semangat yang membara.

Inilah dokumentasi kami.

1. Sosialisasi dan Pembentukan Tim

Sosialisasi-1 Sosialisasi-2

2. Perencanaan Aksi dan Pemetaan

Pemetaan-1 Pemetaan-2

Pemetaan-3 Pemetaan-4

Mapping-1 Mapping-2

3. Pelaksanaan Aksi

In-Action-1 In-Action-2

In-Action-3 In-Action-4

In-Action-5 In-Action-6

In-Action-7

Itulah secuplik proses pemetaan masalah dan potensi hingga pelaksanaan aksi yang tak akan cukup dimuat dalam blog ini. Berangkat dari permasalahan dan potensi yang ada di lingkungan sekolah, muncullah ide brillian dari otak kecil yang sedang berkembang, hingga singsingan lengan baju dan tapak kaki kecil yang berupaya dengan sadar untuk peduli lingkungan. Proses ini tidak hanya berhenti hingga pengumuman hasil penjurian atau hari ini, namun berlanjut hingga ke generasi selanjutnya.

SANTUN DALAM PEKERTI, UNGGUL DALAM PRESTASI

SDN Blimbing 3! Jaya, jaya, jaya, luaaar biasaaa!

Salam Lestari! Malang Hijau!


Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Agenda Sekolah

Tak ada acara mendatang

%d blogger menyukai ini: