Beranda » Arsip Tulisan » 5 BUDAYA INDONESIA YANG TIDAK BOLEH KITA LUPAKAN

5 BUDAYA INDONESIA YANG TIDAK BOLEH KITA LUPAKAN

Kita sebagai orang Indonesia yang berbudi luhur pasti tahu dengan budaya yang akan dibahas ini, tapi belakangan kita bisa melihat, merasakan (bahkan mungkin mengalami) udah mulai berkurang, ya? Jadi, kami coba angkat deh, supaya Anda mau mengembalikan budaya kita, menjadi budaya sesungguhnya!
1. Cium tangan

 

Biasanya, sih, dibilang “salim”, ya kan? Kalo dulu sampai sekarang pun, kami setiap pergi selalu pamit ke ortu kaya gitu, kalo ke nyokap, pake cipika-cipiki pula. Tapi ini penting lho, selain menanamkan rasa cinta kita sama ortu, cium tangan itu sebagai tanda hormat dan terima kasih kita sama mereka, sudahkah kalian mencium tangan ortu kalian?

2. Penggunaan tangan kanan

 
Di luar negeri, kami rasa gak ada masalah ya dengan ini, tapi bukankah budaya kita menganjurkan penggunaan tangan kanan ketika memberikan barang, berjabat tangan, ataupun saat makan (yang kidal pengecualian ya).

3. Senyum & Sapa

 

Ini Indonesia banget! Dulu citra negara kita adalah negara yang ramah dan murah senyum. So, jangan sampai hilang, ya! Karena senyum itu ibadah dan sapa itu menambah keakraban dengan sekitar kita. Percaya deh sama kami! Gak ada ruginya kita lakukan itu.

4. Musyawarah

 

Boro-boro mau musyawarah, kenal sama Pak RT aja nggak! Gak usah RT deh, banyak orang yang gak kenal sama tetangganya sendiri. Gara-garanya, sibuk kerja dan main game sampe malam. Tapi coba, deh sesekali ada acara di lingkungan rumah kalian, kalian ikut ngumpul. Gak usah lama-lama, tapi minimal kalian kenal sama orang di sekitar kalian, dan bisa membantu memajukan lingkungan rumah kalian juga.

5. Gotong Royong

Kerja bakti (kasarnya). Jaman baheula, di lingkungan rumah kami sering banget ada kerja bakti, terutama kalo mau 17-an dan awal musim hujan: ngebersihin got, memangkas semak-semak, atau minimal ngebersihin halaman rumah masing-masing secara bersama-sama. Sekarang? Ayolah, sebulan sekali pun gak papa, kan? Asalkan bisa mempererat persatuan lingkungan kita?

sumber: http://kaskusnews.com (dengan sedikit perubahan)


Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Agenda Sekolah

Tak ada acara mendatang

%d blogger menyukai ini: